Thursday, January 15, 2009

Lebah, Minuman, dan Obat yang menyembuhkan

بسم الله الرحمن الرحيم


LEBAH, MINUMAN, DAN OBAT YANG MENYEMBUHKAN

Q.S. An – Nahl : 69

Artinya : Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang Telah dimudahkan (bagimu). dari perut LEBAH itu ke luar MINUMAN (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat OBAT YANG MENYEMBUHKAN bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.


Lebah atau bee merupakan hewan yang memiliki banyak keutamaan sehingga diabadikan dalam Al Qur’anul kariim bahkan dalam kitab Bulughul Marom min Adillatil Ahkam karangan Ibnu Hajar Al Atsqolani, Bab Makanan, disebutkan:

Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: “Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melarang membunuh empat macam binatang yaitu: SEMUT, LEBAH , BURUNG HUD-HUD, dan BURUNG SHURAD (Sejenis burung pipit)”.(Riwayat Ahmad dan Abu Dawud). Hadits shahih menurut Ibnu Hibban.

Sebenarnya makna “Syarobun" itu sendiri bukanlah hanya madu saja, sebab arti madu

itu sendiri adalah al- ‘Asl dan Lebah madu sendiri juga memproduksi suatu cairan lain seperti beeswax (cairan warna kuning yang dihasilkan lebah), royal jelly, propolis bahkan racun lebah(sengat lebah),dan semuanya itu memiliki manfaat bagi manusia, bahkan racun lebah juga digunakan oleh manusia untuk pengobatan tradisional “Sengat Lebah”.

Madu atau al-‘Asl merupakan senyawa yang sebagian besar berupa gula invert karena adanya fruktosa maka gula invert berasa lebih manis daripada sukrosa atau gula pasir,dan gula invert ini tersusun dari campuran glukosa dan fruktosa sama banyak.bahkan gula invert dapat difermentasi menjadi minuman memabukkan,yaitu

Hadits Riwayat Aisyah ra., ia berkata : Rasulullah saw. pernah ditanya tentang arak dari madu. Beliau menjawab: “Setiap minuman yang memabukkan adalah haram”. (Shahih Muslim No.3727) dan beberapa penelitian bidang Bioteknologi Modern.

Madu mempunyai banyak manfaat dan keutamaan,hal ini karena kandungan madu yang beraneka ragam dan lengkap. Madu terdiri dari sekitar 80 % Karbohidrat (sebagian besar adalah Fruktosa dan Glukosa, serta Maltosa, Sukrosa dan Gula lainnya) , 17 % Air, dan sisanya adalah Protein, Asam Amino, Vitamin, Asam, Antibodi, Enzim, dan Mineral. Madu mempunyai efek ringan dalam menaikkan gula darah, sehingga baik untuk mencegah diabetes.

Kandungan Asam Organik dalam madu sangat lengkap,antara lain Asam Glikolat, Asam Format, Asam Laktat, Asam Sitrat, Asam Asetat, Asam Oksalat, Asam Malat dan Asam Tartarat. Asam Laktat mengandung Laktobasilin untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Warna pada madu dipengaruhi oleh banyak dan jenis mineral yang terdapat pada madu tersebut, khususnya Mineral Mangaan, Tembaga, Zat Besi.

Mineral yang terdapat dalam madu antara lain, Sulfur (S), Kalsium (Ca), Tembaga (Cu), Mangaan (Mn), Besi (Fe), Fospor (P), Kalium (K), Klor (Cl), Magnesium (Mg), Yodium (I), Seng (Zn), Silikon (Si), Natrium (Na), Molibdenum (Mo) dan Alumunium (Al). Tembaga mempunyai kaitan erat dengan Hemoglobin (Hb) darah, Mangaan sebagai antioksidan, dan mengendalikan kadar gula darah dan hormon steroid, Magnesium bermanfaat untuk mengaktifkan fungsi replikasi sel, protein dan energi, Yodium untuk pertumbuhan dan metabolisme lemak dalam tubuh. Kalsium dan Fospor untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Molibdenum untuk mencegah anemia dan penawar racun.

Vitamin yang terdapat dalam madu antara lain, Vit. B2 (Riboflavin), B5 (Asam Pantotenat), B6 (Piridoksin),Vit A, Vit. C, Vit K dan Beta Karoten. Vitamin A Berperan pada pertumbuhan, pengaturan Hormon Adrenalin dan Hormon steroid dan menjaga kesehatan. Vitamin B2 membantu pertumbuhan dan reproduksi, Vitamin B5 mengatur produksi hormon adrenalin dan sel darah merah, Vit B6 sebagai penyeimbang kadar hormon dan mengatur fungsi kekebalan, dan Vit C untuk antioksidan.


Masih banyak manfaat madu dan karena keterbatasan tenaga dan pikiran maka saya sudahi dulu tulisan saya ini,apabila ada yang berminat untuk penjelasan yang lebih detail,bisa mengirim email ke saya, insyaAlloh nanti saya akan memberikan semua referensi yang saya miliki,sekian apabila ada salah saya mohon maaf,

Wassalamu’alaikum warohmatulloh

Referensi :
1.  Endang Saptorini, Madu, Cairan Emas Kaya Antioksidan, 2003.
2.  Wati, Madu Lebah Sarang Kandung Gula Alam, 2003.

PENULIS

No comments: