Thursday, January 15, 2009

Habbatussauda' dan Segala Penyaklit

بسم الله الرحمن الرحيم

HABBATUSSAUDA’ DAN SEGALA PENYAKIT

Dasar Hukum

فإن عائشة حدثتني: أنها سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول: (إن هذه الحبَّة السوداء شفاء من كل داء، إلا من السام). قلت: وما السام؟ قال: الموت

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, Apakah as-sam itu?” . Beliau menjawab, “Kematian”. ( H.R.Bukhori )

Habbatussauda’ atau dalam bahasa latinnya adalah Nigella sativa adalah tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah khususnya Arab dan merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat.

Dalam sistem taksonomi, tumbuhan ini termasuk dalam familia Ranunculaceae Ordo Ranales yang memiliki ciri-ciri berupa herba annual atau parenial, mempunyai rhizoma atau rimpang. Daun mejemuk palmatus yang berseling. Bunganya aktinomorf dan zigomorf, biseksual atau uniseksual, soliter, tersusun dalam infloresensi simosa, rasemosa (panicula), perianth 2 seri, kedang mempunyai kelenjar nektar, stamen banyak, ginoseum terdiri dari 3 – banyak pistil, ovarium superior unilokuler, unikarpelum. Buahnya folikulus, akenus, baka, dan kapsula.

Kandungan kimia dalam familia Ranunculaceae biasanya adalah alkaloid, glikosida, saponin, dan kardenolid. Kandungan lainnya yaitu minyak takasiri (paling dominan), minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K. kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY)

Habbatussauda sering digunakan sebagai karminativum, dan bagian yang digunakan biasanya bijinya (Nigellae semen). Habbatus sauda’ juga dapat mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami. Habbatussauda’ juga dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid dan ASI. Selain itu juga dapat digunakan pada penderita sesak nafas dan penderita cacingan.


waAllohu a'lam bi showab


No comments: